Monday, October 6, 2014

Mengurus Visa Australia Suami sebagai Dependent

Assalamualaikum..


Windmill @ Windfarm Yorke Peninsula


1 October 2014

Awwritee sebelum lupaa,, lets writee.. setelahh 3 bulan bermukim di adelaide dan suami pun telah mendapatkan izin untuk resign dari kantor, saya dan suami mempersiapkan proses pengurusan visa sendiri tanpa biro jasa. Karena saya pemegang visa subclass 573-Higher Education Sector maka suami sebagai dependent saya pun subclass visa nya sama yaitu 573.  Adapun persyaratannya :

1. Form 157A - > form ini suami isi di indonesia bagian yang di isi adalah bagian B dan C nya lalu halaman terakhirnya di TTD oleh saya. cara nya saya print alaman terakhir dari australia lalu scan dan kirim ke suami. Setelah di print oleh suami, suami saya ikut TTD di bagian bawahnya.

2. Form 919 - > sama seperti form 157A suami isi form 919 namun halaman terakhir saya yang TTD, saya scan lalu email ke suami. Di form ini hanya saya yang TTD, suami tidak TTD.

3. Asuransi : saya memakai Alianz, saya upgrade dari single cover menjadi family cover, proses nya degan cara menelefon Alianz, lalu alianz akan meberikan perhitungan, jika cocok dengan harganya maka kita bisa langsung bayar pakai visa or mastercard lalu alianz akan memproses certificate polis kita nahh saya kirimkan scan certificate tersebut ke suami. harga asuransi Alianz relatif mahal, untuk upgrade ke dual family cover 23 bulan saya harus membayar 2632 AUD, terdapat pilihan asuransi lainnya seperti BUPA yang harganya affordable.

4. Bank statement saya dan suami. 

5. Foto, Passport, Kartu Keluarga, Akta Pernikahan, Akte Lahir saya dan suami, KTP suami.

6. Certificate of  Enrolmen saya (CoE) dan Visa Saya.


Syarat diatas merupakan syarat yang utama untuk pengajuan visa tersebut, setelah lengkap lalu suami mengurus di AVAC jakarta dan membayar biaya kurang lebih Rp. 6.2 Juta (harga sudah termasuk biaya logistik AVAC 183.000).


3 October 2014

Suami mendapatkan email pemberitahuan untuk melaksanakan medcheck.

4 October 2014

Suami test kesehatan di Mitra Kemayoran, syaratnya hanya membawa HAP letter dari kedutaan dan  Passport. Tidak perlu membawa foto dan membawa form 26 dan 160 karena sudah tersistem secara elektronik. Biaya masih sama Rp 425.000. Karena sepi maka tidak menunggu lama seperti saya dahulu. Rangkaian test kesehatannya juga sama. 

8 October 2014

Visa is approved alhamdulillah.. subclass 573 sama seperti visa saya, Pengurusan visa sendiri cepat dan mudah yaa asalkan semua syarat utama sudah terpenuhi.. cyayooo

Salam


21 comments:

  1. halo kak, saya mau tanya.
    saya sekarang posisi visa student sudah di granted.
    Tp saya blum status suami-istri, rencana ny saya pulang ke indo nanti bulan juni untuk mengurus surat nikah kita ber2.

    kira2 nanti kalo sudah keluar surat nikahnya, masih bisa ga ya buat istri saya? soalnya saya posisi visa sudah di granted baru mau menikah dan urus visa dependen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo..

      saya rasa bisa.. step nya sama seperti diatas, tinggal tambah data penunjang seperti surat surat pernikahan, dan sebagai tambahan mungkin bisa di tambahkan surat pengantar dari kampus yang menceritakan sedang kuliah apa jurusan apa dll (biasanya minta ke bagian yang mengurus internasional student).

      saat ini saya juga sedang mengurus memasukan data anak saya kedalam visa saya disini, setelah konsul ke bagian internasional student di kampus, step nya sama mengisi form 919 dan 157A dan data penunjang yang ada di list form nya

      untuk tambahan bisa di lihat ini https://www.border.gov.au/Trav/Stud/Brin/How-to-apply-for-dependant-family-members-to-join-you

      goodluck ya

      Delete
  2. Hi mba. Mohon dibantu informasinya. saya dan suami berencana masuk australia lewat jalur studi. Rencananya saya yang akan sekolah dan suami akan mengajukan dependent visa. Apakah pengajuan dependent visa punya suami bisa bersamaan dengan pengajuan visa student saya ? Ataukah saya harus memulai kegiatan belajar dahulu baru suami bisa mengajukan dependent visa ? Satu hal lagi mohon info nya apakah ada persyaratan minimal dana mengendap di tabungan yang harus dimiliki suami saya ? Terima kasih sebelumnya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo mbak, bisa dua dua nya, bisa duluan mbak dulu baru suami mengajukan, atau berbarengan suami anak dan mbak sekaligus (bisa di baca di form applikasi nya ada isian kalau mbak apply sendiri atau langsung dengan keluarga).


      tabungan mengendap saran saya lebih dari 50 juta, dan lebih baik jika sampai 80 juta atau setara 8000 dollar. (tidak saklek, hanya sebaiknya)

      well sekarang kayanya visa pelajar lebih di permudah isiannya. dan prosesnya. cheers

      Delete
    2. Cekidot new visa student


      https://www.border.gov.au/Trav/Visa-1/500-

      Delete
    3. Living costs
      From 1 July 2016, the 12 month living cost is:
      student or guardian - AUD 19,830
      partner or spouse - AUD 6,940
      child - AUD 2,970.

      Delete
  3. Halo mbak..Mau Tanya ttg oshc..kalau Saya bandingkan ambil oshc single Dan family (untuk istri) Jauh beda yah..Mungkin gak Saya ambil oshc single. Istri Saya 3 bulan kemudian ambil single juga untuk urusan dependent visa nya? 1+1 single cover Jauh lebih Murah dari 1 family cover (2 orang; Saya n istri) ..Makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas brasco,

      Rulesnya kalau sdh menikah atau ada partner yg jd dependent asuransinya akan automaticly berubah jd family, jika ada ansl akan berubah menjadi multiple, jd opsi yg mas kemukakan nmpaknya mustahil.. Karena semua sdh tersistem terintegrasi, bisa dicoba pakai yg lebih murah pake bupa,.

      Asuransi d ausy memang mahal, tapi sangat sangat diperlukan dan benefitnya terasa, jika sekali berkunjung ke dokter cost nya almost 70-200 dolar ( depends on ke temu dokter apa)

      Semoga membantu 😊

      Delete
    2. Sory typo jika ada anak jadi multiple

      Delete
  4. Halo mba, saya kebetulan juga mau mengurus isa dependent utk suami dan anak.
    Mengenai dana mengendap, berapa lama dana tersebut harus mengwndap dalam tabungan mba? Terima kasih jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, dalam case saya, print relening tabungan selama 3 bulan mbak

      Delete
  5. Hallo mbak, dana yg mengendap slama 3 bln itu masing2 80 jt suami istri atau bisa akumulasi dr keduanya sehingga cukup 80jt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi,
      boleh di cek disini

      https://www.border.gov.au/Trav/Stud/More/Student-Visa-Living-Costs-and-Evidence-of-Funds

      saat case saya, saya pakai dana masing masing (terpisah bank statement dengan nilai masing2)

      well, seperti di sebutkan di web ausy visa paling bawah

      "
      In all circumstances, our officers have discretion to ask for further evidence of funds, if required. "

      semua keputusan pemberian visa depends on kewenangan petugas visa.

      salam.

      Delete
  6. Hai mba Asri..
    Saya sekarang ini lagi mempersiapkan dokumen untuk apply visa dependent, ikut visa student istri. Yang ingin saya tanyakan mengenai financial support apakah harus sponsor atau bisa dari tabungan saya saja? Dan dgn peraturan skr ini harus ada dana brpa ya yg mengendap? Dokumen yg berbahasa Indonesia apa harus ditranslate ke inggris? Dan untuk pengurusan di AVAC ny apakah ada yg memandu? Dari pengisian form,input dokumen, dll? Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. hi sorry for the late reply,
      saat saya menurus untuk suami kemarin, saya menyertakan tabungan saya dan tabungan suami

      untuk besarannya coba di baca ini :

      https://www.border.gov.au/Trav/Stud/More/Student-Visa-Living-Costs-and-Evidence-of-Funds

      partner around 6940$ almost around 70-80 juta IDR

      untuk dana yang mengendap maaf saya belum punya info tsbt,

      dokumen pengurusan visa bisa di baca di avac ya, kayanya saya dulu gak translet apa2, krn ada juga yang form visa nya model b.indonesia

      namun jika nanti sdh diausy akan lebih bermanfaat jika mau nyetir, SIM kita di translet atau bikin sim internasional

      di avac tdk ada yang memandu,mereka cm menerima berkas

      sukses dan salam

      Delete
  7. Hi mbak Astri.

    kebetulan juga saya sedang mengurus visa dependent juga, Mengenai dana mengendap apakah boleh dari tabungan saudara / orang tua?

    best regards
    Rinaldo

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi rinaldo,

      please read some information here

      https://www.border.gov.au/Trav/Stud/More/Student-Visa-Living-Costs-and-Evidence-of-Funds

      The type of evidence, where required, includes money deposit or loan with an approved financial institution, government loan, scholarship or sponsorship.

      i think bisa juga dimasukan.

      dan higlight yang terakhir :

      In all circumstances, our officers have discretion to ask for further evidence of funds, if required.

      Delete
    2. Hi mbak Astri.
      ketika mbak ngurus visa dependent visa buat suami siapkan budget berapa untuk jaminannya. mohon maaf saya agak newbie, apakah saya bisa minta alamat email mba. kebetulan yg dapat beasiasiswa istri saya , dan saya tidak di cover beasiswanya :)

      Delete
    3. hi..

      kmrn sy sertakan saja sponsorship letter dr pemberi beasiswa eventhough gak dicover untuk suami, bank statement istri yang tiap bulan terima dana dr sponsor, trs bank statement suami..

      email aufajari86@gmail.com

      cheers

      Delete
  8. Hi mba Astri

    Thank you so much for your promp reply ,

    ReplyDelete

Happy 5th Bday MyKing Baby M

 Assalamualaikum, Dear baby M, happy 5 years, may Allah SWT always protect you and bless you, Aminn.. Tumbuh kembang menjadi anak yang berma...