Wednesday, November 25, 2015

Pemeriksaan Kehamilan di Adelaide

Assalamualaikum,

Alhamdulillah saat ini saya sedang insyaAllah mengandung, selama di adelaide pemriksaan kehamilan yang saya lakukan adalah:

1. Pergi ke dokter umum (GP ) saya pilih yang ada di kampus
2. Blood test dan urin test untuk mengetahui hamil atau tidak
3. Setelah positif hamil lalu jika hasil tes darah untuk mengetahui kondisi hemoglobin, zat besi, rubella, kalsium, apakah ada defisiensi atau tidak, oia dokter disini jarang sekali memberikan obat, bahkan tidak memberikan obat sama sekali seperti multivitamin dan lain lain kalau kita dalam keadaan fine. hanya Asam folat (folic acid yang diberikan saat trimester 1)
4. saat kehamilan memasuki minggu ke 12-13 dilakukan usg (ultrasound + down syndrom test) prosesnya seperti usg biasa plus harus blood test lagi untuk mengecek down syndrom/ ada kelainan pada janinnya atau tidak.
5. saat kehamilan memasuki minggu ke 18-21 dilakukan usg morfologi (ultrasound morfologi) untuk melihat janin secara lebih detail, waktu usg ny sekitar 1 jam, di cek di ukur setiap bagian tubuh dari kepala sampai kaki dan organ dalam, jika the babies is twins waktu yang dipergunakan untuk morfologi test ini lebih kurang 2 jam.
jika ingin mengetahui jenis kelamin bisa di tanyakan, karena kita tidak akan diberitahu jenis kelamin jika gak di tanya because its privacy thing.
6. saat usia 20 weeks, dokter umum akan merujuk kita ke rumah sakit dan pemeriksaan lanjutan dilakukan di rumah sakit bersama bidan (midwife), apabila kandungan ada masalah maka yang akan memeriksa kita adalah dokter.
7. Setelah itu melakukan kontrol cek setiap 2 minggu sekali, di cek berat badan, keluhan-keluhan selama hamil, detak jantung bayi, panjang perut kita dan lainnya.
8. Saat minggu ke 28 melakukan imunisasi DPT (atau whooping cough)
9. Memasuki trimester ke 2, saya mengalami defisiensi / kekurangan vitamin D dan zat besi, karena terlalu low maka saya harus menjalani transfer iron infussion / infuss zat besi (Fe), iron infussion lebih kuran 500 mili 1 kantung zat besi yang di infus kan kurang lebih prosesnya dari jam 9 pagis ampai jam 3 sore :D
10. Dokter memberikan resep suplement Vitamin D dan Suplemen Zat Besi saat defisiensi.
11. Pada weeks ke 28 juga dilakukan test gula darah, untuk memeriksa apakah gula darah meningkat saat hami/diabetes gestational.
12. Kandungan saya mengalami diaberes gestational lalu saya harus mengikuti diabetess class yang isinya tata cara diet sehat dan tatacara megontrol gula darah.

Will be updated soon pemeriksaan selanjutnya ya :)

Salam,


11 comments:

  1. Halo mbak..it's me again..terima kasih atas respon sebelumnya. Mau Tanya lagi nih mbak...Karena Saya Dan istri Baru menikah Dan mudah2an diberi Allah anak segara..Amin..jadi Saya Mau Tanya apakah untuk proses kehamilan Dan persalinan bisa kita upgrade dari OSHC Kita? Karena yg Saya tahu oshc tidak cover ini..Makasih mbak

    ReplyDelete
  2. Halo mas,

    Depends,

    Jika pake alianz yg essential kehamilan dan persalinan di cover semua meskipun belum 12 months stay di ausy

    Jika alianz standard, kehamilan dan persalinan baru dicover jika sudah 12 months stay di ausy jika dibawah 12 months tidak di cover

    Nampaknya bupa pun demikian 😊

    Salam

    ReplyDelete
  3. Hallo mbak
    Mbak masuk semester brpa pas hamil? Hamil pas kuliah di LN berat gak mbak? Trus kalo nanti lahiran dan masih dalam masa2 kuliah gmn yah? Apa ada kebijakan dr kampus. Maaf banyak tanya mbk soalnya sbntr lg sy akan ke adelaide dan lg memikirkan kemungkinan2 trsbt. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo,

      saya hamil di semester 3, lahiran di semester 4, enjoy pregnancy, alhamdulillah hamil sambil kul dan lahiran semua berjalan baik pihak kampus memberikan kebijakan2, contohnya, bisa extend deadline essay, kita bisa konsult ke dokter or healt consult or dosen pembimbing, psikiater, or internasional student service ( unit kampus yang ngurusin mahasiswa asing) tentang masalah yang di hadapi, intinya mahasiswa tidak boleh stress dan tertekan hehehe jadi insyaAllah everything will be fine, kuliah dan melahirkan dan juga banyak orang indo di adelaide yang helpfull :)

      saat hamil dan saat lahiran semuanya sudah tersistem jadwal cek kandungan, cek usg, bidan, ke dokter dll, semuanya tersistem, tersusun, pokonya akan amazed banget pelayanan publik di adelaide yang baik.

      enjoy pregnancy dan insyaAllah lancar amin

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Wah Alhamdulillah klo gt mbak. Lega dengarnya. Sblmnya sy s4 ragu akan terbengkalainya kuliah d tengah2 lahiran apalagi klo pas dapat final test. Terima kasih banyak infonya mbk :)

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah, pelayanan persalinan di adelaide sangat baik, kuliah insyaAllah lancar.. Pihak kampus sangat memahami kondisi ibu hamil, intimya tidak boleh stress dan tertekan dan depresi hehehe dan isyaAllah akan enjoy.. Selamat ya semoga lancar semua nya..

    ReplyDelete
  9. Wah alhamdulillah. Jd pas lahiran kmrn mbak absen kuliah gitu? Ato pas smster 4 udah tinggal research aja mbk? Klo insya Allah sehat2 mgkin sy lahirannya sktr prtgahan smster 2. Gmn kabar kuliahnya pas lahiran yah mbk? Apa ada keringanan jg? Sy takutnya mesti ngulang mata kuliah gitu

    ReplyDelete
  10. waktu itu saya alhamdulillah lahiran saat liburan musim panas/ end year dr november sampai februari semester 3, masuk semester 4 awal.

    semoga lahiran saat libur ya amin,

    di setiap semester ada libur pertengahan semester sekitar 1-2 minggu, libur akhir semester sekitar 1-1,5 bulan,
    jika akhir semesternya di november-desember pas summer holiday, biasanya libur sekitar 2 bulan lebih,.. (liburan akhir taun)

    nanti coba di bicarakan sama coordinator tiap matakuliah, saya yakin ada beberapa kebijakan.. dan insyaAllah lancar amin

    ReplyDelete

Happy 5th Bday MyKing Baby M

 Assalamualaikum, Dear baby M, happy 5 years, may Allah SWT always protect you and bless you, Aminn.. Tumbuh kembang menjadi anak yang berma...