Thursday, November 23, 2017

Anak Sakit Mata atau Konjungtivis

Assalamualaikum Wr Wb,

Pulang dari daycare, saya mendapat note dari carer nya ibra, isinya, "bund, mohon diperhatikan, hari ini kotoran mata/belek nya Ibra lebih banyak dari kemarin. Sudah 3 hari saya noticed the baby suka garuk garuk mata, ada sedikit kotoran dimatanya. Tepat hari ke-4 Ibra offday gak ke daycare. Based on research di milis sehat, cek disini, sakit mata bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain virus, bakteri atau alergi. Kebetulan, di daycare ada juga yang sakit mata, temenya ibra sudah 1 minggu tidak masuk daycare. Setelah mendapatkan info di grup WA ortu di daycare, ternyata sudah ada 5 anak yang bergiliran sakit mata, dan terpaksa, daycare diliburkan karena mau dibersihkan agar tidak ada anak yang tertular kembali.

Hari ke-4 saat ibra offday saya pergi ke Puskesmas Kecamatan  Kemayoran  (PKK) (faskes 1), mendaftar di Poli Anak. Poli anak di PKK  namanya Poli MTBS. Poli ini melayani  anak usia 0-5 tahun kurang 1 hari. Nah kalau yangsudah berusia sama dengan 5 tahun ke atas, maka akan di refer ke Poli Umum. Woww, the place is so nice for the children. Ruangan yang hommy, terdapat beberapa mainan seperti mobil-mobilan dan perosotan. My Baby seems happy saat dinggil masuk untuk diperiksa.




Mata Ibra bengkak, awalnya hanya satu mata yang banyak kotorannya. Namun, mata sebelahnya juga sudah mulai tertular. Kotoran berwarna hijau. Kadang saat bangun, kotoran tersebut membuat mata menempel jadi sulit di buka, harus dibersihkan memakai Kapas dan air hangat. The Baby masih aktif dan tidak mengalami demam. Dokter explained kalau baby terkena konjungtivis bacterial, diagnosa tersebut disebabkan kotoran yang keluar berwarna hijau atau kadang kuning. Untuk itu membutuhkan antibiotik. Dokter memberikan salep mata Erlamycetin instead of obat tetes mata. Dipakai 3 kali sehari selama 5 hari. DI oles ke kelopak matanya. 

Kurang lebih 6 hari  Ibra getting well, bengkak sudah berkurang, hanya tersisa sedikit kotorannya. Alhamdulillah.

Salam.

No comments:

Post a Comment

Happy 5th Bday MyKing Baby M

 Assalamualaikum, Dear baby M, happy 5 years, may Allah SWT always protect you and bless you, Aminn.. Tumbuh kembang menjadi anak yang berma...