Wednesday, April 11, 2018

ASIP Saat Umroh? InshaAllah bisa :)

Assalamualaikum Wr Wb.

Saya ingin berbagi pengalaman saat melaksanakan umroh serta pumping ASI. Maka nikmat dari Tuhan manakah yang kamu dustakan (Arrahman).
Alhamdulillah atas nikmat melaksanakan umroh. Allah is always selalu memudahkan setiap jalan, we just need to believe dan hilangkanlah prasangka buruk. Berangkat umroh dengan meninggalkan baby M saat berusia 2 bulan selama 11 hari. Hal utama yang saya lakukan adalah menyiapkan bekal ASI yang cukup selama kami pergi.

Peralatan 

Tibalah hari H perjalanan menuju Saudi Arabia, peralatan pumping yang saya bawa antara lain:
1. Pumping Manual 1 buah. I use Medela yang manual.
2. Silicone Pumping
(ini silicone pumping, bisa beli merk Mooimom)

  ini very very recomended untuk ASIP, i highly recomend breastmilk silicone untuk dipakai saat          pumping jadi breast yang satu dipumping pake pumping manual yang satu lagi ditampung pakai          silicone pumping jadi sekali pumping udah dapet double hasilnya.
3. Cooler bag 1 buah.
4. Pelastik ASI bawa sekitar 3-4 kotak isi 30 perkotak.


Peralatan pumping


Freezer yang sudah full, so the icegell terpaksa dibawah kulkas :D


5. Ice gel besar sekitar 7 buah yang kecil sekitar 2 buah. (ice gel merek gabag yang 500 gr ini tahan lama dinginnya).
6. Tisu Makan dan Tisu Basah.
7. Pelastik kiloan yang 1 kilo dan 1 box container bening plastik lionstar (digunakan untuk melastikin alat pumping and silicone setelah pumping lalu disimpan di kulkas) so, ndak usah sering nyuci alatnya.
8. 1 botol kecil sabun cuci botol dan sikat botol.
9. Apron.

Pergi

We took off from Jakarta to Jeddah via Abu Dhabi by Etihaad. Peralatan pumping saya simpan di tas kabin, untuk icegell saya simpan di bagasi. Saat itu saya membawa 1 icegell kecil ukuran 150 ml di cabin, Alhamdulillah saat di scan x-ray petugas tidak mempermasalahkan icegell tersebut. Icegell kecil tersebut berguna saat pumping di pesawat. Selain itu saya meminta bantuan Pramugari Etihaad untuk menyimpan breastmilk ASIP di kulkas mereka, dan mereka pun oke dengan hal tersebut. (Kebijakan maskapai berbeda-beda, dipastikan terlebih dahulu apakah mereka welcome dititipi breastmilk). Sesampainya di Jeddah, perjalanan dilanjutkan ke Madinah by Bus dengan jarak tempuh sekitar 6 Jam. Alhamdulillah bus yang ditumpangi memiliki kulkas. Saya menitipkan ASIP di kulkas bis tersebut. Sesampainya di Madinah Alhamdulillah kamar hotel ODST memiliki kulkas yang adafreezernya. Lalu dengan senang hati saya membekukan ASIP-ASIP selama pumping di Madinah.

Madinah

Selama di Madinah, jika umroh kita ada kegiatan kunjungan site visit ke berbagai tempat di Madinah, pumping dilakukan di bis, bawa tas cooler bag dan semua alat pumping,  lalu ASIP bisa dititip di kulkas yang berada di bis (rata-rata bis yang memiliki kulkas). Jika tidak ada kegiatan site visit,  kegiatan pumping dapat dilakukan setiap sudah makan dan perbanyak minum air zamzam (selalu bawa botol minum saat ke Masjid Nabawi jadi bisa refil isi botol lalu pumping ASIP inshaAllah ASIP kita ada kandungan air zam-zamnya). Subhanallah, selama berkegiatan di Madinah meskipun sudah 4 jam tidak pumping dan breasts terasa sudah full, breasts tidak bocor-bocor atau menetes ke baju (Allah's miracle). Baru setelah sampai hotel saya pumping dan satu hari full bisa pumping sekitar 8-10 bungkus, setiap bungkus kisaran  90-100 ml.

Mekkah

Perjalanan dilanjutkan ke Mekkah dari Madinah sekitar 6 Jam. Hasil ASIP yang sudah beku selama di Madinah disimpan di tas coolerbag dilapisi dengan icegell beku lalu di titip di kulkas bis. Sebelum memasuki Mekah, Saya dan rombongan umroh melaksanakan  ihrom atau berniat memulai umroh yang dimulai/start dari Miqot Masjid Bir Ali.  Selama perjalanan jika dirasa breasts telah penuh saya pumping di bis dan ASIP tersebut bisa dititip di kulkas bis, tidak lupa seraya bertalbiyah.. Labbaik Allahuma Labbaik... Aku memenuhi panggilanmu ya Rabb.. 😇😇

Kami tiba di Mekah malam hari, lalu kami langsung ke Hotel sebelum melaksanakan rukun umroh yang lain yaitu Tawaf. Suprisingly, Hotel Anjum yang saya tempati memiliki kulkas namun tidak ada freezernya. Saya telepon receptionist dan mereka bilang All rooms gakda freezernya dan mereka menawarkan saya untuk mendinginkan breastmilks dengan es batu hehehe. Saya  mendatangi receptionist  dan menjelaskan sambil bawa satu coolerbag berisi ASIP and  i said i needed hep to storage these breast milk. They felt surprised when i told them they were breast milks (mostly pegawai di Arab adalah laki-laki). Alhamdulillah  they understand and welcomed to put the coolerbag yang berisi breastmilks dan icegell di kulkas/foodstorage mereka. Setiap selesai pumping saya mendatangi petugas hotel untuk menitipkan ASIP. Kegiatan ini berlangsung setiap hari sampai saya cek out, they are truly helpful. Alhamdulillah.

Lesson Learned : Do not hesitate jangan ragu untuk minta tolong sama petugas hotel jika membutuhkan bantuan untuk menyimpan ASIP dan ini juga bermanfaat jika freezer kulkas hotel kita kecil dan tidak bisa menampung ASIP, maka tidak ada salahnya untuk titip di food storage hotel as long as ASIP sudah kita bungkus dengan baik. Selain itu, ASIP dan Icegell bisa beku sempurna di foodstorage mereka hehehe.. All Praise to ALLAH SWT.. He always knows the best for US.

Persiapan Pulang

Oke lest talk about how to bring the ASIP ke Indonesia. Alhamdulillah ASIP sudah terpumping selama 11 hari, sudah beku sempurna karena di titipkan di foodstorage hotel. Tugas berikutnya adalah packing up  ASIP. Saya tidak membawa coolerbox besar dari indo (seperti yang lionstar) jadi tugas berikutnya adalah mencari coolerbox tersebut di Mekah.  Saya mencari  hardcase cooler box di bin Dawood (semacam supemarket carefour, tesco, coles atau transmart or anykind supermarket yang gedeee bgt and lengkap (bisa beli oleh2 seperti nutela bar disini hehe). Setelah survey  di bindawood cooler box hardcase saya akhirnya memutuskan untuk menggunakan cooler box/bag yang soft case yang kami beli di bin Dawood (supermarket) seharga 95 real dengan pertimbangan agar tidak memberatkan bagasi hehehe. Alhamdulillah.


Hardcase (bisa bawa dari Indo kalau ada)

So heress... Oleh-oleh ASIP untuk Baby M Ready to fly from Jedah to Abu Dhabi to Indonesia. ASIP beku tersebut masuk ke Bagasi (bukan cabin). Tidak lupa memberikan nama identitas yang lengkap untuk ASIP tersebut. Alhamdulillah 12 hours flight including transit times, susunya masi beku ada beberapa buah yang sedikit mencair but overall masi beku. Oia untuk memperkuat kebekuan ASIP tersebut, berdasarkan beberapa artikel yang saya baca, kita bisa menyimpan Ice gel di bagian alas/bawah/dasar   dan atas.  Isi ASIP dibagian tengah lalu ditutup lagi oleh icegellnya agar ASIP bisa tercover dinginnya.   All praise to Allah.. Momies semangat yaa.. salam.

Loves
Salam




12 comments:

  1. Mbak.. asip masih beku tsb masuk bagasi atau cabin pesawat ya ? Trims

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. HI..

    asip beku naik ke bagasi tidak ke cabin :)

    ReplyDelete
  4. mbak, boleh tau untuk cooler box nya, mbak pakai berapa cooler box dan berapa liter ukuran nya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin pakai 1 cooler box warna abu diatas (softcase). ukuran liternya lupa tapi gedenya sekitar 40cmx40cm, cukup untuk bawa asip sekitar 100 bungkus asip ditambah 9 icegell.

      Delete
    2. oia sama 1 coolerboxtas kecil, untuk mobile (itu yang biru tas diatas) bisa juga tas gabag apapun yang kecil kalo pumpingnya mobile alias pindah pindah

      Delete
    3. ok mba...thank you. mbak naik Etihad ya. Kalau Etihad memang mengizinkan ASIP tersebut masuk bagasi kah mba?

      Delete
  5. mbaa..cooler box nya saya sewa boleh ga? :-)

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum..
    Mbak salam kenal saya Nina, saya busui usia baby saya 2 bulan juga mbak.rencana bulan depan insyaallah umroh 11 hari. Mungkin Boleh sharing dan berbagi tips buat persiapan Asip saat baby ditinggal jauh mbak. Soalnya saya .was was rasanya mau ninggalin jauh baby dan bingung buat stok asip😢... terimakasih jika mbak mau sharing.mbak ini email saya mbak ninawoo749@gmail.com🙏

    ReplyDelete
  7. Waalaikumsalam,

    tenang mbak, inshaALLOH lancar umrohnya, yang pasti, siapkan saja ASIP nya yang cukup untuk ninggalin baby2 bulan untuk 11 hari.

    kalo sehari baby nya minum 100 ml x 10 kali artinya mbak siapkan saja dr sekarang pumping ASI 110 buah.

    Baby 2 bulan oke ditinggal selama ASIP cukup. Dia cuma bobo nenen pup aja. jadi Aman. InshaAlloh UMROH lancar dimudahkan.

    Tips nya makan terus aja mbak, pake silicon ini, dr sekarang sambil nenenin bayi tiap 2 jam sekali sambil tampung asi nya jadi udah punya stock.

    nanti selama UMROH pumping terusss, minum teruss air zam zam, inshaAlloh untuk stok dirumah bisa bawa 100 buah atau lebih. AMINN..

    Semangaaatt. Salam

    ReplyDelete

Happy 5th Bday MyKing Baby M

 Assalamualaikum, Dear baby M, happy 5 years, may Allah SWT always protect you and bless you, Aminn.. Tumbuh kembang menjadi anak yang berma...