Wednesday, April 15, 2015

Pengalaman Water Leak/ Pipa Air Bocor


Assalamualaikum,

Hidup diluar mengajarimu akan banyak hal, salah satu pengalaman yang saya alami adalah ketika pipa air di flat saya bocor. Saya tinggal di lantai tiga dan tidak menyadari kalau pipa keran air tersebut bocor/ water leak dan berimbas pada unit dibawahnya. Sampai akhirnya caretaker/pengurus flat mengetuk pintu saya.. Ya Allah.. I feel so sorry untuk unit dibawah yang atap nya serta dapurnya kebasahan karena kejadian bocor ini. Nahhh.. pertanyaannya adalah tanggung jawab siapakah jika kita sebagai penyewa, unit yang kita tempati bocor water leak.. ??? 


Saya sudah menghubungi agent saya, namun tidak ada kabar beliau sedang pergi keluar kota.. Saya mempelajari kontrak unit. Jika terjadi permasalahan pihak manakah yang harus di hubungi.? Di kontrak tertulis untuk menghubungi agent. Penghuni rumah lantai 2 telah mendatangi saya dan menanyakan apakah sink saya mengalami masalah. Namun saya tunjukan bahwa semua di luar kendali saya.  Saya pun tidak tahu dimana yang bocor. Akhirnya  setelah 4 hari berlalu, caretaker unit datang dengan membawa plumber/ teknisi pipa. 

Alhamdulillah, setelah di teliti teryata yang bocor nya adalah pipa keran bagian dalam. Di dalam tembok. Setelah plumber berhasil mencari kebocoran, plumber membongkar keramik, membongkar tembok, mengganti saluran keran, mengelas pipa yang bocor, dan memperbaikinya sampai beres. Tetesan air yang merembes ke bawah pun berhenti. Saya browsing harga plumber fee dan harganya pun lumayan. Ternyata seorang teknisi pipa pun bayarannya lumayan mahal sebanding dengan skills dan peralatan yang disiapkan dalam mengatasi bocor air. Dari mulai menyediakan semen, keramik, ala-alat ukur, alat pemotong kramik, keran air, dan semua peralatan yang kompleks sebagai tukang pipa.  


Sekali lagi, Allah SWT selalu menolong kita di setiap keadaan. Alhamdulillah, saya tidak mengeluarkan biaya sepeserpun untuk water leak tersebut. Dikarenakan kejadian tersebut diluar kendali kita. Saya pun masih bertanya – tanya mengenai hubungan hukum hak dan kewajiban antara agent, penyewa, caretaker, landlord apabila ada kejadian darurat/emergency sperti bocor air, bocor gas, dan lainnya. Mungkin kejadian tersebut merupakan tanggung jawab dari pihak pengelola building/landlord. Priceless experience.


Alhamdulillah.
All Praise is to Allah SWT

No comments:

Post a Comment

Happy 5th Bday MyKing Baby M

 Assalamualaikum, Dear baby M, happy 5 years, may Allah SWT always protect you and bless you, Aminn.. Tumbuh kembang menjadi anak yang berma...